Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

DASAR PEMROSESAN KOMPUTER


DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Dasar kompentensi
Microsoft windows adalah sistem operasi komputer berbasiskan GUI (Graphic User Interface) yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia. Sekses ini menjadikan pemiliknya, Bill Gates, menjadi orang terkaya diseluruh dunia mengalahkan kekayaan Sultan Brunei. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui sejarah perkembangan Microsoft Windows itu sendri, dan sedikit juga orang yang mengetahui sistem operasi komputer GUI selain merk Microsoft Windows.
ARSITEKTUR KOMPUTER
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
  Prosesor
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

  Memori


  Penyimpanan sekunder
Penyimpanan sekunder adalah sarana penyimpanan yang berada satu tingkat di bawah memori utama sebuah komputer dalam hirarki memori. Tidak seperti memori utama komputer, penyimpanan sekunder tidak memiliki hubungan langsung dengan prosesor melalui bus, sehingga harus melewati M/K.

  Perangkat Input
Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah
kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut.

  Perangkat Output
Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer.

Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.  

PEMROSESAN PUSAT & PENYIMPANAN PRIMER
-          Penyimpanan komputer (computer storage) ada dua bentuk dasar
yaitu primer dan sekunder.
-          Penyimpanan primer biasanya disebut main memori.
-          Tehnologi IC utk menyediakan random access memori (RAM) yg
digunakan utk menyimpan perangkat lunak dan data
-          Read Only Memori (ROM) untuk menyimpan material seperti
intruksi pada saat komputer dinyalakan dan cache memori.

         RAM (Random Access Memory)
         IC yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yg digunakan
         utk menyimpan software & data
         RAM memungkinkan operasi baca maupun tulis
 Mempunyai sifat mudah hilang (volatile) karena isinya hilang saat
         daya listrik dimatikan



         ROM (Read Only Memory)
         Jenis khusus penyimpanan primer dapat dibaca tapi tidak dapat ditulis
         Untuk menyimpan material seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukannya saat dinyalakan
         Bersifat tidak mudah hilang (nonvolatile) yaitu isinya tidak terhapus saat daya listrik sistem dimatikan


         Cache Memory
         RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal yang ditempatkan
di antara RAM biasa dan processor
         Isi cache memory diperiksa oleh processor sebelum mencari
instruksi program/data di RAM biasa
         Jika Cache Memory mempunyai isi yang diperlukan, pengambilan
dapat dilakukan lebih cepat daripada jika RAM biasa dilibatkan
 PERALATAN INPUT
         KEYBOARD
Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.
         ALAT PENUNJUK
         Mouse
Mause adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mousem emperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

         Trackball
Trackball adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada tetikus modern

         Touch Screen
Layar monitor yang bisa berinteraksi dengan user melalui sentuhan tangan pada layarnya.Sensor yang terdapat pada touch screen adalah berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon terhadap suatu sentuhan pada media tersebut disebut juga dengan touch sensor.

         Light Pen
Pena cahaya, merupakan piranti masukan yang menggunakan cahaya dalam menerima masukannya. Alat ini berupa pena yang disambungkan kabel di belakangnya, kabel tersebut dihubungkan langsung ke komputer.

         Unit Remote Control

UNIT OUTPUT
Bentuk akhir dari pemrosesan komputer adalah beberapa bentuk output dan menampilkan pilihan, yaitu : yang dicetak, grafik, mikrofilm, kartu berlubang, dan yang diucapkan.

Output yang ditampilkan
         Peralatan output yg paling terkenal dgn pemakai akhir (end user)
adalah Display Screen yg disebut CRT yg dikemas dgn keyboard.
         Kelemahan dari layar tampilan yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas, yang disebut Hard copy.

Output yang Di Cetak

         Peralatan output yang disebut printer menghasilkan hard copy.
Output Grafik
         Beberapa pemakai komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik.
         Peralatan khusus yg disebut plotter yg disambungkan dgn CPUataupun beroperasi secara offine, dpt menghasilkan output grafik pd ukuran normal atau pd kertas yg besar.

Output Mikrofilm
  Komputer dapat menggunakan unit Computer Output Microfilm (COM) untuk menciptakan microfilm ataupun microfiche.
  Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang difilmkan tersebut.
  Microfilm printer dpt digunakan untuk menghasikan hard copy.


Output Kartu Berlubang
  Beberapa konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan
card punch unit yang membuat kartu berlubang.

Output Audio
  Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat didengar sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi.

PEMECAHAN MASALAH DALAM PERANGKAT LUNAK
Sebagian besar paket aplikasi bisnis umum dan khusus industri dirancang untuk berperan tidak langsung dengan menciptakan dan menangani database yang menjadi dasar subsistem CBIS yang berorientasi informasi.
MENCAPAI KEMUDAHAN BAGI PEMAKAI DALAM PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak yang dimaksudkan untuk end-user computing  harus semudah mungkin dipelajari dan digunakan ,atau user friendly .

Paduan Dialog
Pertukaran antara pemakai dan komputer disebut paduan dialog. Komputer dikatakan memiliki mode interaktif jika komputer dan pemakai dapat bercakap-cakap satu sama lain. Dua teknik utama dapat digunakan untuk mencapai paduan dialog, yaitu menu dan teknik pengisian formulir.
Menu Adalah daftar pilihan  yang digunakan pemakai untuk membuat pilihan, yang memampukan pemakai untuk menentukan apa yang harus dilakukan. Jika suatu aplikasi mengharuskan suatu hierarki, menu sering ditampilkan dalam bentuk window. Window hanyalah bagian dari layar berbentuk persegi yang menampilkan jenis informasi tertentu.
Penjelasan Sesuai Konteks
Terdapat pada tampilan help screen atau help massage dan merupakan penjelasan sesuai konteks, karena hanya menangani masalah yang sedang dihadapi.

Interface Grafis bagi Pemakai
Pada tahun 1970-an diXerox Palo Alto Research Center, ditemukan bahwa penggunaan icon, atau gambar grafik, untuk mewakili file data/ pilihan pemrosesan memudahkan pengajaran computer bagi pemula. Kemampuan perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan pemakai melalui grafik disebut interface bagi pemakai(graphical user interface)-GUI.
Button
Sering memiliki penampilan tiga dimensi, dan “ditekan” dengan menempatkan cursor diatasnya dan menekan tombol mouse.
Bar
Simbol persegi panjang yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Titlebar pada bagian atas window mengidentifikasi isi window. Menubar terletak tepat dibawah titlebar ,mencakup menumenu dari tindakan yang dilakukan dalam windows. Scrollbar dapat digunakan untuk menggeser isi window. Gambar 9.13 
2.3 MEMINIMUMKAN KESALAHAN INPUT
Pencegahan Kesalahan
Layar input dapat dirancang sehingga data tertentu yang ditampilkan tidak dapat dirubah tanpa sengaja oleh pemakai. Pemakai dapat membatalkan perintahnya dengan menekan tombol tertentu seperti tombol ‘Escape’.
Pendeteksian Kesalahan
Ketika data sedang dimasukkan, sebelum data itu berkesempatan mempengaruhi sistem, sebagian besar perangkat lunak aplikasi menyertakan edit routine yang mendeteksi pemasukkan jenis data yang salah.
Perbaikan Kesalahan
Sebagian perangkat lunak memiliki perintah undo yang mengembalikan sistem kekondisi semula sebelum kesalahan dibuat.
Menempatkan Penanganan Kesalahan dalam Perspektif
Penggunaan teknik pengurangan kesalahan memaksimumkan peluang data input yang akurat. Namun Anda harus menyadari bahwa bagaimanapun cermatnya Anda mengikuti teknik ini, kesalahan masih mungkin terjadi.

2.4 MULTIMEDIA
Multimedia digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan alat-alat lain seperti televisi, monitor video, sistem compact disk atau sistem stereo. Semuanya dimaksudkan untuk menghasilkan presentasi audio dan visual penuh. Pemakai multimedia dapat melihat logo tiga dimensi, foto diam, video penuh gerakan, atau animasi dan mereka dapat mendengar suara stereo, rekaman suara, atau musik.
Sistem Multimedia
Multimedia mulai pada akhir tahun 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple tahun 1987 dan dengan pengumuman IBM tahun 1989 bahwa IBM menawarkan perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan kartu video adapter untuk PS/2. Sejak saat itu, hampir tiap pemasok perangkat keras dan perangkat lunak terjun kearus multimedia.
Input Multimedia Gambar visual dapat dimasukkan kedalam sistem dari paket perangkat lunak, yang menyatukan fotografi digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video serta scanner optis. Input audio dapat dimasukkan melalui mikrophon, pita keset dan CD.
Output Multimedia Output visual dapat ditampilkan di layar komputer dan monitor televisi. Output video dapat disediakan oleh alat output suara, pengeras suara stereo dan headphone.
Pada tahun 1990 harga sistem multimedia lengkap berkisar $10.000, tetapi sejak itu harga turun drastis. Karena kemungkinan biaya pengembangan tinggi, perusahaan yang tertarik untuk memanfaatkan daya multimedia harus berhati-hati dalam memilih dan merancang aplikasi

Aplikasi Multimedia dalam Bisnis
Tiap subsistem CBIS merupakan pemakai potensial multimedia, yang menawarkan peluang untuk mengembangkan output konvensional melebihi printout dan tampilan. Ini beberapa contoh ide:
Aplikasi SIA = Laporan akuntansi yang ditampilkan dapat menyertakan tambahan komentar audio, penjelasan, atau saran.
Aplikasi MIS dan DSS = Kemampuan multimedia untuk meningkatkan komunikasi konsep yang rumit sangat cocok untuk output model matematika. Grafik tiga dimensi, disebut 3-space, dapat digunakan untuk menampilkan model dalam bentuk grafis.
Aplikasi Kantor Visual = Dua aplikasi multimedia yang populer cocok pada kantor visual. Satu, workgroup computing , memungkinkan beberapa orang berbagi ruang kerja computer yang sama pada saat yang sama. Kedua, desktop video conferencing, yang memungkinkan para peserta melakukan konferensi video sambil duduk dimeja dan menggunakan layar komputer mikro mereka atau televisi yang dihubungkan.
Sistem Berbasis Pengetahuan = Kekuatan multimedia dalam mengkomunikasikan output dari model matematika yang rumitdapat juga diterapkan untuk system berbasis pengetahuan.









  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar